value based marketing

value based marketing merupakan konsep pemasaran yang beroritentasi pada peningkatan nilai pada setiap produk yang ditujukan kepada konsumen.Secara sederhana pemasaran berdasarkan nilai melihat pada peluang-peluang baru yang dapat dikembangkan sehingga meningkatkan kepuasan konsumen.Mix marketing (price,product,place,promotion) dapat dijadikan proksi untuk melihat secara detail nilai yang dapat ditingkatkan. Strategi pemasaran berdasarkan nilai merupakan konsep yang dapat berkembang berdasarkan kebutuhan yang ada pada konsumen dan peluang yang dapat diciptakan oleh produsen. Contoh yang sederhana dapat digambarkan ketika produsen dapat memberikan pelayanan antar gratis kepada konsumen dimana yang sebelumnya dikenakan charge terhadap konsumen. Hal ini akan meningkatkan biaya yang dikeluarkan oleh produsen. Produsen mungkin akan mengalami profit negatif atau impas pada jangka pendek ketika memberikan tambahan nilai kepuasan akan tetapi apabila efektivitas strategi ini dapat dicapai tentunya hal ini tidak akan terjadi pada jangka panjang. Jadi konsep pemasaran ini dapat diperluas pada tujuan bahwa setiap produk yang diproduksi oleh produsen, kepuasan konsumen dapat selalu ditingkatkan tanpa melalui peningkatan biaya yang dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: