-Usaha Herbal, Impian Global “ Merintis dan Mengelola Bisnis Pengobatan Herbal “-

Pengobatan Herbal diyakini sebagai usaha untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dengan mengkonsumsi ramuan-ramuan tradisional dari tanaman-tanaman. Pengobatan herbal merupakan topik yang hangat dibicarakan beberapa tahun belakangan ini, hal ini disamping dilema dan kontraversi yang muncul dikalangan masyakat mengenai kemanjuran melalui pengobatan herbal, usaha pengembangan pengobatan melalu ramuan tradisional ini berkembang kian marak di Indonesia. CEO Forum pada hari Selasa tanggal 30 Juni 2009 mendatangkan pengusaha sekaligus orang yang memiliki keahlian serta pelopor dalam pengobatan Herbal, yaitu Ibu Ning Hermanto. Ibu Ning Hermanto merupakan Presiden Direktur PT Mahkotadewa Indonesia, perusahaan yang bergerak sekaligus pioneer dalam mengembangkan usaha pengobatan herbal. Pada kesempatan ini Bu Ning Hermanto menyampaikan presentasi mengenai bisnis pengobatan herbal.
Perjalanan usaha PT Mahkotadewa Indonesia merupakan perjalanan yang sangat panjang dalam kaitannya pengembangan bisnis. Awal mulanya Ibu Ning Hermanto memulai untuk memperkenalkan produk herbal ini adalah dengan mengenalkan khasiat dan guna dari buah mahkota dewa. Dulunya buah mahkota dewa merupakan buah yang tidak terkenal dan lebih memiliki persepsi negatif dikalangan masyarakat, akan tetapi berkat kesabaran dan keteguhan hati yang dimiliki beliau pada akhirnya buah mahkota dewa dapat diolah menjadi ramuan dan obat yang manjur untuk mengobati beberapa penyakit. Buah mahkota dewa berkhasiat menghilangkan gatal (antipruritus) dan antikanker karena dalam ekstrak buah mahkota dewa terdapat senyawa lignan yang termasuk dalam golongan polifenol dan senyawa syringaresinol, yang berpotensi sebagai zat anti kanker. Berawal dari niat membantu untuk menyembuhkan saudara beliau yang memiliki penyakit kanker genetic serta berbekal dari pengalaman, lambat laun usaha yang digeluti oleh Bu Ning Hermanto membuahkan hasil. Dengan mendirikan klinik herbal “ yang pertama “ di Indonesia pada tahun 2003 usaha pengembangan produk herbal tidak berhenti pada satu produk saja, pengembangan untuk mendapatkan khasiat dari buah mahkota dewa ternyata juga mendapat perhatian dari berbagai lembaga penelitian, universitas serta di kalangan praktisi kesehatan hingga pada saat ini sudah dikembangkan tidak kurang dari 13 bentuk produk yang berbahan baku dari buah mahkota dewa.

Perkembangan PT Mahkotadewa Indonesia tidak terlepas dari visi dan misi serta usaha yang keras dari Ibu Ning Hermanto dalam mengembangkan usahanya. Sosialisasi serta promosi produk herbal terus digencarkan oleh beliau, intinya menurut Bu Ning Hermanto adalah “ciptakan produk lalu ciptakan pasarnya”. Strategi promosi yang unik dilakukan oleh beliau dengan mengadakan pameran tanaman-tanaman herbal, pendirian klinik herbal yang pertama di Indonesia, klinik herbal melalui internet, hingga aktif ke berbagai pertemuan dengan keterlibatan dalam organisasi kemasyarakatan. Beliau juga aktif dalam kepengurusan Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia (GP Jamu). Hal ini mengimplikasikan sisi positif bagi perkembangan usaha herbal yang beliau kembangkan. Visi untuk menjadi perusahaan yang terkemuka dalam penyediaan produk herbal dari tanaman obat Indonesia yang berkualitas tentunya tidak serta merta terus berkembang positif, adakalanya juga mengalami kemunduran. Beliau menuturkan bahwa dalam setiap bisnis itu adakalanya kita pertumbuhan kita sangat tajam,adakalanya lesu dan menurun. Pasca gempa jogya tahun 2006 merupakan salah satu momentum yang menurut beliau adalah titik balik untuk maju dan berkembang lebih pesat. Pada saat itu klinik yang ada di jogja dimana merupakan sentral produksi juga hancur akibat gempa tetapi apa yang dilakukan beliau adalah tetap tidak patah semangat untuk dapat mengembangkan serta memotivasi karyawannya untuk bangkit. Akhirnya pada saat ini beliau tetap dapat eksis sebagai ibu herbal Indonesia yang kerap dijuluki sebagai Bu Ning Herbal dengan lebih dari 37 mitra usaha di seluruh Indonesia, mitra usaha mancanegara di Singapura dan Malaysia serta beliau juga melakukan pengembangkan pertanian off-farm yang sudah mencapai lebih dari 10 mitra produksi di seluruh pelosok Indonesia.

Beberapa pesan yang dapat diambil dari pemaparan beliau seputar bisnis adalah konsistensi merupakan aspek yang terpenting dalam berbisnis. Dalam pemaknaan konsistensi disini tentunya kita memberikan perluasan sehingga implikasi yang muncul dari makna tersebut akan memberikan turunan-turunan positif yang lainnya. Konsistensi secara luas tidak hanya dimunculkan bahwa bisnis atau usaha yang kita jalankan ini akan terus menjadi usaha kita dan kita terus bergerak untuk mengembangkannya, akan tetapi konsistensi lebih spesifik mengarah bagaimana kita memberikan perlakuan terhadap dunia luar (sisi eksternal ) dari bisnis kita sehingga dunia luar akan terus tahu dan secara konsisten dapat membina hubungan yang positif dalam kaitan pengembangan bisnis dan usaha yang kita lakukan. Konsistensi sikap merupakan proses reaktif terhadap sisi eksternal bisnis yang kita lakukan sehingga implikasi yang akan muncul jika kita konsisten terhadap apa yang kita lakukan terhadap sisi eksternal adalah sisi eksternal akan memberikan aksi selanjutnya. Seperti halnya contoh kasus diatas bahwa sosok Bu Ning Hermanto dikenal sebagai sosok yang memiliki antusiasme  yang sangat tinggi dalam mengembangkan bisnisnya, akan tetapi pada pemaparan beliau ternyata beliau tidak hanya fokus dalam pengembangan bisnisnya, sifat social respect tinggi dan konsisten terhadap lingkungan luar juga ditunjukkan oleh beliau. Secara gratis beliau memberikan konsultasi mengenai beberapa penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dengan pengobatan herbal. Konsistensi sikap yang dilakukan oleh Bu Ning Hermanto tentunya akan memberikan manfaat yang bagi orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: