-SUSTAINABLE BUSSINESS DEVELOPMENT-

Perkembangan bisnis merupakan topik yang tidak pernah berhenti dibahas dimana didalamnya sangat erat kaitannya dengan isu-isu global yang berkembang. Sustainable Bussiness Development merupakan salah satu topik yang hangat dibahas akhir-akhir ini. Implikasi munculnya konsep ini adalah pengaturan rantai pasokan ( supply chain management) dimana didalamnya mengatur hubungan antara stakeholder dan shareholder secara menyeluruh sehingga perkembangan bisnis kedepan berjalan berkelanjutan. CEO forum kali ini mendatangkan Mr. Diendrik De Boer yang merupakan peneliti di bidang Sustainable Bussiness Development. Bagaimana konsep sustainable business development yang berkembang saat ini, apa hal- hal yang perlu diperhatikan oleh para top management sehingga konsep sustainable business development dapat dengan mudah diterapkan oleh perusahaan merupakan pembahasan dalam diskusi.

Konsep Sustainable Bussiness Development merupakan konsep yang luas dimana didalamnya membahas bagaimana perilaku perusahaan terhadap stakeholder dan shareholder sehingga feedback yang akan dimunculkan merupakan tanggapan positif yang mendorong unit bisnis dapat berkembang lebih lanjut kedepan.Untuk dapat membangun perusahaan yang sustainable ada beberapa komponen yang menunjukkan peran dan perlu diperhatikan. Peran-peran tersebut antara lain :

Internal Bisnis Perusahaan

Pada peran ini dibahas bagaimana perusahaan dapat menilai tujuan akhir dari perusahaan tersebut, dari setiap unit bisnis, dari strategy yang digunakan hingga bagaimana menciptakan hubungan yang baik terhadap pelanggan. Pengukuran penilaian yang ada terhadap aspek yang menyeluruh ini tidak cukup dari pengukuran finansial saja, akan tetapi pengukuran – pengukuran lain seperti bagaimana pencitraaan konsumen mengenai perusahaan, prospek internal bisnis yang dijalankan hingga pada kinerja manajemen perusahaan merupakan pengukuran-pengukuran penilaian tujuan akhir perusahaan. Bagaimana perusahaan dapat tergerak untuk menilai apa yang dilakukan adalah sejalan dengan apa yang diinginkan oleh shareholder dan stakeholder merupakan aspek prioritas yang sangat penting dalam konsep sustainable business development.

Peran pemerintah

Peran yang dimiliki oleh pemerintah merupakan peran yang tidak dapat diabaikan juga dalam penerapan konsep sustainable business development. Hal ini dikarenakan pemerintah sebagai fasilitator dan regulator yang akan menjamin iklim bisnis dapat berkembang berkelanjutan. Titik respon yang ditekankan terhadap apa yang ada pada peran pemerintah ini adalah bahwa sinergisme bisnis dalam mencapai tujuan akhirnya perlu sejalan dengan apa yang menjadi “aturan main” pemerintah hingga pada saat ini. Kasus sederhana adalah mengenai undang-undang persaingan yang diatur oleh KPPU, tentunya dalam pencapaian tujuan perusahaan dimana marketshare dari suatu perusahaan adalah suatu pencapaian kinerja, suatu perusahaan yang menetapkan sustainable business development akan melihat bahwa undang-undang yang ditetapkan merupakan suatu titik balik agar keunggulan atas produk atau jasa yang dimiliki memiliki perbedaan dengan perusahaan lainnya sehingga dalam strategi marketing yang ditetapkan perusahaan ini memiliki aware dan fokus pada bagaimana cara meningkatkan keunggulan tersebut tanpa melakukan konsolidasi yang dilarang menurut undang-undang. Implikasi yang akan muncul tentunya keunggulan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain akan lebih positif.

Masyarakat

Dalam pencitraan bagaimana sustainable business development dapat diterapkan kepada masyarakat, pihak perusahan harus dapat membina hubungan yang baik dengan masyarakat itu sendiri. Isu terkait dengan peran ini adalah corporate social responsibility yang akhir-akhir ini berkembang dimana menunjukkan bagaimana perusahaan menunjukkan budi pekerti dan pengabdian yang tulus kepada masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: